10 Cara Membuat Komputer Atau Laptop Kamu Tidak Lemot Untuk Kegiatan Sehari-Hari | TechnoCanon

About Me

header ads

10 Cara Membuat Komputer Atau Laptop Kamu Tidak Lemot Untuk Kegiatan Sehari-Hari


Hallo Sahabat Techno, Kali ini Techno Canon akan membagikan sedikit tutorial untuk membuat komputer/laptop kamu agar tidak lemot/lamban ketika Startup atau orang biasa bilang ketika dihidupkan :D.

Pasti jengkel kan jika komputer/laptop kita ketika ingin di pakai ehh malah start up nya lama banget, bisa sampai 5 menitan, aturannya bisa di pakai untuk kepentingan mendesak eh malah bisa untuk buat ngopi2 karna startup yang sangat lama dari komputer/laptop normal lainnya :D.

Nah kali ini Techno Canon akan membahas Cara Agar Komputer/Laptop Kamu Tidak Lemot Ketika Start Up, mari kita simak apa saja caranya dibawah ini :

  1. Banyak Program Startup Yang Berjalan
    • Nah yang pertama ini adalah banyaknya Program StartUp yang berjalan ketika komputer/laptop dihidupkan. Program Startup ini sebenarnya berguna agar ketika komputer/laptop kita pertama kali dihidupkan, maka program-program tersebut akan otomatis berjalan di background komputer/laptop, tetapi jika program tersebut terlalu banyak berjalan ketika menghidupkan komputer/laptop maka akan membuat proses startup-nya menjadi lamban/lemot, karena komputer/laptop kita akan men-load semua yang berjalan di program startup tersebut. Untuk mengatasinya kamu bisa langsung ikuti caranya di bawah ini :
      • Windows 7

      • Klik Start => Run atau tekan Win + R pada keyboard
        Maka hasilnya akan begini :
      • Ketik msconfig setelah itu tekan ENTER
        Setelah di tekan ENTER maka hasilnya akan seperti ini :
      • Pilih lah Startup
        Dan nanti akan muncul tanda kotak dialog, itu tinggal di Check sma UnCheck saja, untuk mematikan program tinggal Uncheck, dan jika ingin menjalankan program tinggal di Check saja.

        Maaf dikarenakan saya menggunakan Windows 10 jadi tidak muncul gambar Check dan Uncheck nya. Cara diatas ini khusus untuk windows 7
      • Windows 10

      • Klik Kanan Mouse pada Task Bar bawah, lalu pilih Task Manager
      • Lalu klik Tab Startup

        Setelah itu kamu tinggal pilih mana yang mau untuk di Disable ( matikan ) dan Enable ( Hidupkan )
  2. Banyaknya Program Yang Di Install
    • Penyebab selanjutnya bisa saja karena banyaknya program yang diinstal, semakin banyak program yang diinstal pada Komputer/Laptop kamu, maka semakin Lambat/Lemot. Cara mengatasinya sangat gampang, kamu tinggal Uninstall saja Program yang emang tidak kamu perlukan atau jarang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan.
    • Menggunakan Control Panel

      • Tekan Win + R lalu ketik Control Panel
      • Pada tampilan Control Panel, rubah View By di kanan atas menjadi Category
      • Lalu klik Uninstall a Program
      • Setelah itu pilihlah Program yang ingin di Uninstall, setelah itu klik Uninstall pada tab diatas
      Selain menggunakan Control Panel, kita juga bisa menggunakan IObit Uninstaller. ( Download Via : Adfly 1x Skip | Ouo.IO ) dan ( Cara Menggunakan (Comming Soon) )
  3. Harddisk Full
    • Penuhnya Harddisk juga dapat menyebabkan Komputer/Laptop kamu Lamban/Lemot, dikarenakan tidak ada ruang lagi untuk menyimpan seperti Cache ataupun yang lainnya, Komputer/Laptop kita yang mengalami full akan menyebabkan Not Responding yang berkepanjangan karena tidak ada penyimpanan pada Harddisk, selain itu jika harddisk kita full juga dapat merusak harddisk itu sendiri. Jadi untuk mengatasinya kamu hanya perlu memindahkan file tersebut ke Flashdisk, HDD Eksternal, ataupun Cloud Storage ( Google Drive atau Mega ) ataupun dihapus file yang tidak perlu.
  4. Cek RAM
    • Cek RAM itu juga berfungsi agar kita tau bahwa RAM tersebut bekerja dengan baik atau tidak, bisa saja RAM tidak terdeteksi di Slot RAM karena berdebu, jadi untuk mengatasi RAM berdebu adalah membersihkan Slot RAM tersebut agar bersih kembali dan membersihkan RAM dari debu yang menempel di kuningan RAM. Penurunan kinerja komputer juga bisa terjadi karena RAM mengalami kerusakan yang mengakibatkan kinerja dari komputer tidak maksimal, untuk mengatasi ini sebaiknya kamu mengganti RAM lama dengan RAM yang baru, bisa jadi RAM kamu usianya sudah tua.
  5. Kurangnya Kapasitas RAM
    • Kapasitas RAM juga mempengaruhi kinerja RAM, bisa kita bandingkan jika Komputer/Laptop dengan RAM 1GB dan RAM 2GB, Maka hasilnya akan lebih cepat yang menggunakan RAM 2GB, dikarenakan proses yang di terima oleh ram tersebut lebih besar, dan untuk multi tasking pun lebih lancar. Jadi untuk mengatasinya adalah dengan cara upgrade RAM atau nambah ram, karena untuk Komputer itu biasanya mempunyai 2 sampai 4 Slot ram, dan untuk Laptop biasanya hanya 1-2 Slot ram saja. Rekomendasi RAM, untuk kegiatan kantor seperti ngetik dll hanya perlu 2GB-4GB RAM saja, untuk Sekolahan hanya perlu 4GB-8GB, dan untuk Gamming biasanya menggunakan 8GB-16GB atau lebih tergantung Game apasaja.
  6. Harddisk Bad Sector
    • Harddisk Bad Sector juga dapat membuat Komputer/Laptop kamu menjadi Lamban/Lemot, dikarenakan adanya kerusakan pada piringan Harddisk. Gimana cara cek Harddisk Bad atau Good? bisa dengan menggunakan Aplikasi Crystal Disk. Lalu bagaimana jika harddisk saya Bad?, kamu terpaksa harus ganti Harddisk lama dengan Harddisk yang baru, karena jika dipaksakan terus maka nanti ada beberapa File yang tidak dapat terbuka karena file tersebut berada pada Bad Sector tersebut.

      Nama Size Download
      CrystalDiskInfo Standard Edition 4MB Adfly 1x Skip | Ouo.IO
      CrystalDiskInfo Shizuku Edition 147MB Adfly 1x Skip | Ouo.IO
      CrystalDiskInfo Kurei Kei Edition 40MB Adfly 1x Skip | Ouo.IO
  7. Mengganti Harddisk (HDD) Dengan Solid-State Hibrida (SSHD) Atau Solid-State Storage Device (SSD)
    • Kenapa saya menyarankan mengganti HDD dengan SSHD atau SSD? karena kecepatan Startup SSHD dan SSD lebih cepat dari pada kecepatan HDD untuk startup. Kenapa saya bisa bilang begitu? karena HDD masih menggunakan sebuah piringan dan SSHD merupakan gabungan dari HDD dan SSD dan tentu saja kualitasnya di atas HDD karena merupakan gabungan dari keduanya, Dan untuk SSD sendiri sudah menggunakan Chip. Jadi untuk Startup saya menyarankan menggunakan SSD tetapi kalau kamu berkepentingan juga sebagai penyimpanan dan kecepatan saya menyarankan SSHD karena penyimpanan yang setara dengan HDD tetapi kecepatan lebih cepat dari HDD. Perbedaan : HDD startup 3 menit ( 180 detik ), SSHD bisa 40detik - 1 menit, dan SSD hanya memerlukan 18detik atau 10x lebih cepat dari HDD.
  8. Membersihkan File Sampah
    • Kalian tau tidak jika kamu menghapus sesuatu pada kompter/laptop kamu itu tidak langsung menghapusnya, tetapi memasukkan ke Recyle bin. karena menumpuknya ReCyle bin kamu maka akan membuat Komputer/laptop kamu semakin lamban. Cara mengatasinya hanya Double Klik pada Recyle Bin yang berada di pojok kiri atas layar monitor kamu. Dan Hapus Semua yang berada pada Recyle Bin tersebut.
  9. Adanya Malware
    • Malware atau Virus juga dapat membuat komputer/laptop kita terasa sangat berat, karena jika Malware tersebut jalan pada Background komputer/laptop kita maka proses RAM banyak yang dipakai oleh Malware tersebut. Jadi cara untuk mengatasi Malware yang seperti itu adalah kamu harus ingat aplikasi apa terakhir kali diinstall jika sudah ketemu, kamu harus cepat2 menghapus aplikasi tersebut dan restart komputer/laptop kamu, jangan suka menginstall aplikasi yang tidak jelas asal usulnya. Jangan suka menggunakan Cheat untuk game, karena selain merusak game tersebut, ia juga akan merusak Komputer/laptop kamu. Cek Malware dengan aplikasi Malware terpercaya.
10. Mengganti Komputer/Laptop Yang Lama Dengan Yang Baru
    • Ini merupakan Opsi terakhir jika cara diatas tidak membuahkan hasil karena bagaimanapun komputer/laptop yang sudah tua bakalan kalah dengan yang baru, untuk perbandingan mari kita bandingkan laptop keluaran lama dengan 4GB RAM dan laptop keluaran baru dengan 2GB RAM, mana yang menurut kamu lebih cepat prosesnya?, yups pastinya laptop keluaran baru dengan 2GB RAM, karena kita tau bahwa laptop keluaran baru pasti akan menggunakan procesor, ram, vga terbaru. Jadi bisa dipastikan jika Komputer/laptop baru lebih cepat kinerjanya daripada yang lama


Itulah 10 Cara agar Komputer/laptop kamu lebih cepat startup dan lebih enak digunakan untuk keseharian ngantor ataupun Sekolah.

Posting Komentar

0 Komentar